MAKRAB : FORUM SILATURAHMI DAN PENGENALAN ORGANISASI

MAKRAB : FORUM SILATURAHMI DAN PENGENALAN ORGANISASI

Kegiatan Pra-Makrab

          Proses kaderisasi bagi organisasi merupakan bagian strategis yang tidak dapat diabaikan selain usaha-usaha dalam peningkatan tata kelola organisasi baik dalam bidang administrasi, strukturisasi fungsional maupun realisasi program kerja. Setiap organisasi memiliki arah gerak dan tujuannya masing-masing, hal ini dapat tercermin melalui landasan dan asas-asas yang digunakan sebagai rambu-rambu dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
    Langkah awal dan titik tolak kaderisasi yang dilakukan oleh IMPP Komisariat UIN Walisongo secara formal ditempuh melalui pelaksanaan Makrab (Malam Keakraban) sebagai bentuk tindak lanjut awal dari proses penjaringan anggota baru. Makrab sebagai tradisi yang dilaksanakan disetiap periode kepengurusan muncul sebagai kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan, bahkan agar menjadi skala prioritas makrab masuk dalam salah satu program kerja departemen. Saat ini kegiatan makrab masuk dalam salah satu program kerja Departemen Wilayah IMPP Komisariat UIN Walisongo.
Secara umum tujuan diadakannya makrab adalah pertama, sebagai bentuk tindak lanjut hasil penjaringan anggota baru. Kedua, sebagai sarana pengenalan dan silaturahmi antara anggota baru, pengurus, senior (mereka yang secara formal tidak lagi masuk dalam struktur kepengurusan), maupun dengan organisasi-organisasi daerah lain yang tergabung dalam Forum Silatuahmi Daerah (Forsida) UIN Walisongo. Ketiga, adalah dalam rangka pengenalan organisasi meliputi kajian historis, peran, kedudukan, fungsi, asas, serta tujuan organisasi. Pengenalan ini dimaksudkan agar anggota baru mengerti kultur dan nilai yang terkandung di dalam organisasi, dengan harapan proses internalisasi nilai-nilai organisasi tersebut terserap dengan baik dan mampu termanifestasikan secara konkret di dalam pelaksanaan pernanannya sebagai bagian dari keluarga besar IMPP Komisariat UIN Walisongo.
     Poin kedua dan ketiga inilah yang harus menjadi dasar dan pedoman bagi pelaksanaan makrab di setiap periode kepengurusan. Proses pengenalan dan silaturahmi menjadi penting, bagi anggota baru mereka harus saling mengenal satu sama lain baik sesama anggota baru, pengurus, senior, maupun organisasi-organisasi daerah lain. Misinya adalah untuk menumbuh-kembangkan ikatan persaudaraan dan hubungan emosional yang baik dalam mempersiapkan diri meneruskan estafet kepengurusan. pengenalan organisasi juga menempati posisi yang sama pentingnya. Untuk menjamin proses regenerasi kepengurusan berjalan dengan baik perlu untuk memahamkan segala hal berkenaan dengan organisasi, alasan logis dari ini adalah agar peranan-peranan yang dilakukan di dalam organisasi berjalan sebagaimana mestinya serta tidak salah dalam menentukan langkah-langkah kedepan.
         Tujuan-tujuan dari kegiatan makrab ini disusun dan direalisasikan dalam bentuk-bentuk kegiatan selama makrab. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut seperti pengisian materi dengan narasumber berasal dari senior-senior IMPP Komisariat UIN Walisongo untuk memberikan materi seputar keorganisasian dan pengetahuan seputar kedaerahan. Pentas seni sebagai kegiatan untuk memfasilitasi kreativitas anggota baru yang dihadiri oleh seluruh pengurus, panitia dan beberapa tamu undangan. Selanjutnya hiking dengan diselingi dengan berbagai game yang dapat mengasah kekompakkan, pengetahuan, dan kerja sama. Dan agenda terakhir dari makrab ini ditutup dengan pemilihan Ketua Angkatan bagi anggota baru. Tujuannya tak lain adalah untuk memudahkan pengorganisasian, koordinasi, komunikasi antar pengurus dengan anggota dalam setiap kegiatan keorganisasian. Harapan ke depan adalah akan selalu terdapat peningkatan dan inovasi khususnya dalam kegiatan makrab yang disesuaikan dengan kebutuhan nyata, agar kegiatan makrab dapat benar-benar menjadi titik tolak kaderisasi yang manfaatnya dapat dirasakan sampai akhir kepengurusan dan bahkan setelah itu.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment