Laksanakan Tanggungjawab dan Pengabdian Kepada Masyarakat, IMPP UIN Walisongo Semarang Adakan Acara Bakti Sosial


Sabtu, 15 januari 2020

Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang (IMPP) UIN Walisongo Semarang melaksanakan kegiatan bakti sosial di Dusun Kepetek Rt 10 Rw 3 Desa Gendoang Kecamatan Moga. kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan IMPP UIN Walisongo Semarang. Umumnya dilaksanakan menjelang akhir periode kepengurusan.
Pembukaan Acara Bakti Sosial IMPP UIN Walisongo Semarang

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini yakni pada tanggal 22-25 Januari 2020 dengan tema “Langkah Kecil Menuju Perubahan Dalam Masyarakat” menjadi kegiatan yang berangkat dari inisiatif program kerja Departemen Sosial & Politik yang diketuai oleh Ahmad Firmansyah dengan mengagendakan beberapa kegiatan diantaranya adalah bazar sembako dan baju murah, Festival Anak Islam atau FAIS, pengobatan gratis yang bekerja sama dengan RSI AL-Ikhlas Pemalang, kerja bakti, papanisasi, penanaman bibit pohon, posyandu, sunat masal, pengajian dan santunan anak yatim, dan sarasehan bersama senior IMPP.
Kegiatan Bazar Sembako dan Baju Murah

Penanaman Bibit Pohon Bersama Ketua RT

Beberapa kegiatan juga dilaksanakan atas kerjasama dengan beberapa instansi dan komunitas, seperti Penyuluhan dan sosialisasi oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pemalang, Dinas Pertanian Kecamatan Moga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, penyediaan bibit pohon oleh Perhutani Kabupaten Pemalang, dan Komunitas Literasi Pemalang untuk peningkatan minat literasi masyarakat setempat.
Selain menjadi agenda rutin organisasi, kegiatan ini juga dilatar belakangi oleh keinginan seluruh anggota dan pengurus IMPP UIN Walisongo Semarang periode 2019/2020 untuk dapat memberikan peranan nyata sebagai mahasiswa bagi masyarakat khususnya di daerah Pemalang sebagai tempat asal kelahiran.
“kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah kami dapat selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, selain itu mahasiswa juga berperan sebagai agen perubahan sosial. Harapannya melalui kegiatan ini akan terjadi perubahan terhadap paradigma dan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik, meskipun dengan langkah dan kegiatan yang sederhana”. Ujar Ahmad Firmansyah saat dirinya mendapat pertanyaan tentang latar belakang tema kegiatan oleh beberapa senior beberapa saat sebelum pelaksanaan.
Agenda yang tersusun dalam rangkaian kegiatan bakti sosial tahun 2020 ini difokuskan kepada aspek edukasi bagi masyarakat, hal ini misalnya terimplementasikan melalui penyuluhan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pemalang tentang bagaimana pentingnya mengurus dan memiliki sertifikat tanah. Edukasi tentang respon terhadap bencana yang disampaikan BPBD kabupaten pemalang, penanaman pohon dan edukasi bidang literasi oleh komunitas Literasi Pemalang.
Segenap jajaran pengurus berharap kegiatan ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya baik bagi masyarakat Dusun Kepetek Desa Gendoang Kecamatan Moga maupun bagi penyelenggara sendiri, kemudian dapat dilanjutkan serta diperbaiki dari berbagai aspek oleh kepengurusan periode selanjutnya.

Penulis : M. Rifai Yusuf
Previous
Next Post »
Thanks for your comment