KEHANGATAN DALAM KEKELUARGAAN

 

Kebersamaan Dalam Keluarga IMPP

KEHANGATAN DALAM KEKELUARGAAN

Salam IMPP….ngapak, kompak, berakhlak………………!!!!!

Mengulas kegiatan IMPP komisariat UIN Walisongo Semarang  yang baru saja terlaksana yakni makrab. Perlu diketahui kegiatan makrab ini merupakan salah satu program kerja departemen wilayah IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang. Adapun makrab merupakan singkatan malam keakraban, dimana sebagai wadah pengenalan pengurus organisasi dengan kader-kader organisasi tersebut. Tujuan makrab sendiri adalah dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengurus maupun kader saling mengenal satu sama lain, bukan menciptakan permusuhan, solid selalu, kompak, dan satu tujuan. Bahkan melalui kegiatan makrab ini banyak sekali pelajaran yang dapat diambil, salah satunya dengan menjalin keakraban dan komunikasi yang baik sesama organisasi. Menyampingkan ego masing-masing dan mampu menjalin silaturahim lebih baik dengan demisioner.

Adapun makrab kali ini mengusung tema “Srawung, Tinulung, Ben Gandrung”, filosofis tema tersebut bahwasanya diharapkan peserta makrab dapat menjalin kebersamaan satu sama lain, dengan cara saling berkenalan, bertukar fikiran, dan bercengkram bersama mengesampingkan ego masing-masing. Selain itu, diharapkan peserta makrab juga dapat saling membantu, karena sudah ada ikatan kekeluargaan dalam IMPP komisariat UIN Walisongo Semarang. Dan yang terakhir, peserta makrab diharapkan dapat menjalin kekompakan, kebersamaan demi kemajuan IMPP komisariat UIN Walisongo Semarang dan juga kemajuan kota Pemalang.

Kegiatan Makrab kali ini dengan suasana yang berbeda, karena dilaksanakan dengan situasi disaat pandemi COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adapun makrab dilaksanakan pada hari Sabtu s.d Minggu, 24-25 Oktober 2020, di daerah Pemalang Selatan, tepatnya di Wisata Curug Sidok, Mandiraja, Moga. Adapun makrab ini diikuti oleh pengurus IMPP 2020/2021 dengan jumlah kurang lebih 48 orang dan kader IMPP yang berjumlah 23 orang.

Ada saja kegiatan makrab kali ini ?

 Serangkaian kegiatan makrab IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang diawali dengan kegiatan pra-makrab yang diadakan di gedung BBI Pemalang pada 18 Oktober 2020, dilanjutkan dengan pemberangkatan kegiatan makrab pada tanggal 24 oktober 2020 dengan titik kumpul di patih sampun. Adapun rangkaian acara makrab IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang yang bertempatkan di Curug Sidok Mandiraja, Moga ini diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh kepala Desa Mandiraja, ketua karang taruna, dan pengelola Wisata Mandiraja. Setelah itu, dilanjut dengan diskusi ke-organisasian dan ke-IMPP-an yang diisi oleh demisioner IMPP yakni saudara Ahmad Furqon, S.Sos. dilanjut dengan ishoma, dan  sharing-sharing dengan demisioner IMPP. Adapun acara terakhir pada hari pertama makrab adapah penampilan dan seni (pensi) yang diiringi dengan kegiatan api unggun dari kader IMPP 2020. Adapun penampilan dan seni ini sebagai bentuk apresiasi kebersamaan dan rasa kekeluargaan sesama IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang. Maka dari itu diharapkan seluruh anggota IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang diharapkan dapat menjalin kebersamaan, saling mengenal, menciptakan keharmonisan dalam organisasi dan diharapkan dapat mewujudkan organisasi yang baik dan sehat.

Adapun rangkaian acara makrab IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang pada hari kedua diawali dengan senam bersama di lapangan desa Mandiraja, dilanjutkan dengan sarapan bersama dan persiapan hiking. Adapun hiking menggunakan rute daerah selatan Desa Mandiraja. Dalam kegiatan hiking ini ditujukan untuk kader IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang 2020, dengan tujuan dapat menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok, sehingga dapat diaplikasikan dalam berorganisasi nantinya. Dilanjutkan dengan acara foto bersama dan mengunjungi wisata alam Curug Sidok Mandiraja. Sebelum menuju acara penutup dalam makrab, diadakan pemilihan ketua angkatan 2020. Adapun suara terbanyak dalam pemilihan ketua angkatan IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang tahun 2020, ada pada saudara Anfathoni Alama Jidan. Dan acara yang terakhir adalah upacara penutup dengan sambutan dari ketua panitia makrb dan ketua IMPP Komisariat UIN Walisongo Semarang.

Bagaimana kesan pesan selama makrab ?

“Kesannya menyenangkan kegiatan makrab kali ini, bisa lihat pemandangan yang segar, pengaaman baru yang banyak, dan pastinya ilmu yang banyak pula. Pesannya, jangan kebanyakan molor sama miskom ya kakak. Dan yang terakhir jangan pernah merasa lelah mengabdi untuk IMPP insyaallah berkah jika ikhlas menjalaninya”. Jidan, ketan 2020

“Kesannya bahagia karena bisa berkumpul bersama teman-teman IMPP terlebih dapat bermalam  kehangatan dan keakraban dengan kader IMPP 2020. Sebuah lelah yang terbayar sudah dengan hal yang sangat menyenangkan. Pesannya semoga lebih baik lagi, dan semoga dengan diadakannya makrab kita bisa dekat dan akrab, bukan hanya pada saat makrab saja , namun diacara-acara selanjutnya. Makrab bukanlah hal yang menjadi beban melainkan cara kita untuk mendekatkan diri dengan alam terlebih dengan keluarga seper-daerah kita. Tetap semangat, jaga kesehatan, dan semoga IMPP makin joss” Rani, ketupat makrab 2020

Terima kasih kepada panitia maupun peserta makrab IMPP 2020, yang telah mensukseskan keberlangsungan acara kali ini. Terima kasih kepada demisioner yang telah menyempatkan hadir di acara ini, terima kasih kepada warga desa Mandiraja yang telah menyediakan tempat dan memberikan bantuan kepada kami selama makrab ini. Pada intinya, acara malam keakraban ini dapat meningkatkan tali persaudaraan, rasa empati yang kuat, dan maju bersama untuk Pemalang.

“Berorganisasilah maka anda akan menemukan siapa diri anda sebenarnya”

IMPP !!! ngapak, kompak, berakhlak.

Auliya Afifah ( Anggota DPW 2020)

 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment