IMPP UIN WALISONGO MENGADAKAN BAKTI SOSIAL SEBAGAI PERWUJUDAN SALAH SATU TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI



IMPP UIN WALISONGO MENGADAKAN BAKTI SOSIAL SEBAGAI PERWUJUDAN  SALAH SATU TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Bakti Sosial merupakan salah satu program kerja besar setiap tahunnya yang diadakan oleh Departemen Sosial dan Keagamaan. Bakti sosial merupakan wujud penerapan dari salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu pengabdian. Bakti Sosial IMPP 2024 diadakan pada Kamis, 18 Januari- Minggu, 21 Januari 2024. Kegiatan Bakti Sosial dibuka pada hari kamis bertempat di Mushola Baitussalam Dusun Kubang, Desa Cikendung dan dihadiri oleh warga masyarakat setempat dan juga beberapa tokoh masyarakat yaitu kepala desa dan para Rt. Adapun tema dari bakti sosial 2024 yaitu “Dari Tangan Mahasiswa Dengan Membawa Semangat Pemuda Guna Tercipta Pemalang Yang Sejahtera” dengan harapan kita sebagai mahasiswa dengan semangat yang membara dapat mengabdi kepada masyarakat dan membuat perubahan kecil untuk pemalang yang sejahtera.  Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan taman baca dari perpusda yang bertempat di Tpq. Anak anak sangat antusias pada kegiatn taman baca yang diadakan sore hari itu. Kemudia setelah itu, dilanjutkan dengan tahlilan di rumah warga. 

Pada hari ke dua acara, diawali dengan apel pagi yang bertujuan untuk mengabsen kesiapan setiap panitia, kemudian dilanjut dengan sosialisasi Bullying dan sosialisasi KPU. Sosialisasi tersebut diadakan pada jam yang sama namun tempat dan sasaran yang berbeda. Sosialisasi Bulliying diadakan di SD Cikendung dengan sasaran yaitu anak sekolah, dengan harapan anak anak dapat menegrti apa itu bullying dan juga paham terakit hal hal yang berkaitan dengan bullying. Adapun sosialisasi KPU dilaksanakan di Balai Desa Putih Desa Cikendung dengan sasaran warga masyarakat desa cikendung, selain itu juga dihadiri oleh peserta KKN dari UNDIP dan beberapa IPNU IPPNU Desa Cikendung. sosialisasi KPU ini dianggap hal yang pas dilakukan, karena sebentar lagi akan diadakannya Pemilu. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Jam’iyah bersama ibu ibu yang bertempat di rumah warga. Selain mengikuti acara jam’iyah tersebut, didalamnya juga ada praktik pembuatan sabun dari Amanah Husada. Kemudian masih dihari yang sama yaitu hari ke dua, dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis untuk warga masyarakat dan juga pemberian obat dan vitamin. Tidak meninggalkan kesan yang have fun, IMPP juga mengadakan acara lomba lomba untuk anak anak yaitu lomba kelereng, memasukkan paku dalam botol, dan pecah air dalam plastik. Lomba berjalan dengan sangat ramai dan antusias anak anak di Dusun Kubang. Pada malam harinya dilanjutkan dengan simtudduror bersama warga di masjid dan sarasehan bersama demisioner dan alumni IMPP UIN Walisongo. 

Pada hari ke tiga yaitu hari Sabtu, diawali dengan kerja bakti bersama warga masyarakat desa cikendung untuk menyiapkan acara pengajian pada malam puncak bakti sosial.  Dalam acara kerja bakti IMPP bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dalam bentuk pemberian tempat sampah dari dinas lingkungan hidup. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan santunan kepada anak anak yatim dan para lansia. Pada sore hariya dilanjutkan dengan mengajar tpq dengan mendelegasikan beberapa anggota IMPP. Setelah mengajar tpq, dilanjutkan dengan lomba festival anak islam yang terdiri dari lomba kaligrafi, lomba adzan, dan cerdas cermat. Setelah habis asar dilanjutkan dengan parade sholawat yang diikuti olih tim hadroh dari jamiyah di desa Cikendung. Adapun peserta parade sholawat yaitu Grup hadrah Al ikhlas, Grup hadrah Annisa, Grup hadrah Al- mar’ah, dan Grup hadrah Hasnidah Basma. Parade sholawat berlangsung sampai sebelum maghrib. setelah parade sholawat, anggota IMPP melalukan persiapan untuk acara pengajian sebagai puncak dari serangkaian kegiatan bakti sosial. Setalah shalat isya, dilanjutkan dengan acara pengajian dipandu oleh Mc yaitu Intan dan Adi Faisal. Para pengunjung terus berdatangan hingga memenuhi lokasi pengajian. Acarapun semakin meriah dengan dimulainya iringan hadrah dari Al Hubbi sebagai pembuka acara pengajian. Acara pengajian dihadiri oleh pembicara K.H Zaenal Mustofa dari pemalang dan dimeriahkan oleh grup hadrah Al-Hubbi dari Pemalang. Acara pengajian berlangsung dengan hikmad hingga pukul 23.30, dan para pengunjung tetap stay hingga acara pengajian berakhir. 

Pada hari ke empat yaitu hari ahad, merupakan hari terakhir diadakannya bakti sosial di Dusun Kubang Desa Cikendung dimulai dengan kegiatan senam bersama para warga, kemudian membersihkan rumah rumah transit, dan juga penutupan. Penutuan dilaksanakan di Masjid Baitussalam setelah sholat Dzhur, dan dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat desa cikendung dan para warganya juga. Pada  momen penutupan, Faqih Zaeni selaku ketua panitia pada sambutannya mengucapkan terimakasih atas penerimaan dari warga masyrakat desa cikendung, karena sudah mau direpotkan dan memohon maaf atas segala perilaku anak anak IMPP selama di desa apabila ada yang kurang berkenan, dan juga mohon maaf sudah merepotkan selama beberapa hari yang sudah dijalani. Ketua panitia juga berharap semoga apa yang sudah dilakukan selama empat hari itu dapat bermanfaat untuk masyarakat, dan juga semoga silaturahmi kita akan tetap terjaga, dan tidak selesai sampai pada baksos saja. 

Ketua umum Esa Dhika juga memberikan sambutanya dan menjelaskan bahwa Bakti sosial merupakan program kerja besar yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Selain itu bakti sosial ini juga merupakan salah satu perwujudan dan tri dharma perguran tinggi yaitu pengabdian. Esa Dhika  menyampaikan banyak trimakasih juga kepada masyarakat dusun kubang yang sudah mau ikut berpartisipasi dalam terselenggranya baksos tahun 2024. Dan juga meminta maaf yang sebesar besarnya sudah merepotkan warga dusun kubang selama empat hari, Ketua Umum juga mewakili seluruh panitia mohon izin untuk pamit dari dusun kubang dan kembali lagi ke kegiatanya masing masing karena bakti sosial ini sudah selesai. Pada momen itu juga perwakilan dari warga yaitu Pak Waridno memberikan sambutannya dengan mengucapkan terimaksih atas kehadiran IMPP di Dusunnya, karena sudah mejadikan Dusun cikedung ramai dan memberikan kegiatan kegiatan yang bermanfaat. Pak Waridno juga menyampaikan semoga apa yang sudah dilakukan oleh panitia dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga akan kembali berbuah baik untuk panitia, dan jangan sungkan sungkan untuk main ke Dusun Kubang. Momen penutupan semakin menjadi haru biru  saat para warga dan anggota IMPP bersalam salam. setelah penutapan selesai, kemudian foto bersama dengan warga masyarakat Dusun Kubang Desa Cikendung.

Penulis

Tim Departemen Pendidikan dan Wacana 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment